RSS

Rabu, 03 Maret 2010

SEGUDANG JALAN BUAT NGETOP


Beken di sekolah? Ngetop buat urusan gaul? wah...siapa sih yang nggak mau jadi the most popular man/women? Eits..tapi jangan salah! BAnyak juga lho yang menghalalkan segala cara termasuk cara-cara yang nggak baik buat meraih kepopuleran. kamu sendiri termasuk salah satunya nggak?

I AM BAD BUT POPULAR

Sebut saja namanya Lila..Dia cantik, modis abis, dan seisi sekolah nggak mungkin banget nggak kenal siapa cewek yang satu ini. Mulai dari penjaga sekolah, petugas kebersihan, guru-guru, sampai adik-adik kelas tau siapa lila ini. awalny aLiola bangga setengah mati karena bisa jadi Most Wanted di sekolahnya. Tapi, ada satu pertanyaan besar yang terlintas di benak Lila, "kenapa udah sebeken ini tapi temanku nggak nambah-nambah ya?" sapmai akhirnya ada satu pengalaman yang menyebalkan waktu diadan dua sobatnya nekat bolos. nggak ada satupun teman di kelasnya yang mau mminjemin buku catatan ke lila. Hmm....kenapa bisa begitu ya?\

setelah di check-recheck ternyata semua teman sekelasnya sebel dan nggak minjemin catatan ke Lila, bukan lantaran sirik sama kepopulerannya. tapi karena sifat dan sikap Lila yang dinilai buruk. selama ini Lila dikenal sebagai cewek angkuh yang sering ngeremehin orang lain, mau menang sendiri, terlalu narsis dan nge-geng sama cewek-cewek yang nyebelin.

Tapi sebenarnya ini bukan murni sifat Lila. soalnya menurut Dr. Judith Orloff, seorang psikolog dan penulis buku positif energy, ada yang dinamakan energi positif dan energi negatif. " ebergi positif itu bisa membuat kita menjadi lebih baik.sedangkan energi negatif yang dikenal juga dengan energy vampire (soalnya sama seperti vampire yang suka menghisap darah dan energi manusia), bisa bikin kita ikut-ikutan melakukan hal yang nggak menyenangkan."dalam hal ini Lila pun bisa begitu sebenarnya juga karena pengaruh buruk temen2nya juga yang bikin Lila jadi melakukan hal-hal yang nggak menyenangkan.

Nah..berarti kita musti hati2 dalam berteman. biar nggak tertular energi yang negatif yang bikin kita jadi negetif juga. soalnya kalo kita udah ketularan dan image jelek itu udah nempel di diri kita, bakal repot banget tuh buat ngilanginnya.jangan salhkan orang lain kalau mereka masih tetap ragu saat kita berubah menjadi lebih baik dari sebelumya.

I AM GOOD BUT POPULAR

Makanya label halal bukan cuma berlaku buat makanan aja, tapi juga buat diri kita. maksudnya, kita jangan sampai jadi orang yang menghalalkan segala cara demi mencapai tujuan atau keinginan sendiri. semuanya juga harus diusahakan dan diperoleh dengan cara2 yang halal. Misalnya sebut aja namanya amanda, yang juga beken dan jadi murid sekolah yang gaul banget. menurut bocoran beberapa teman dekatnya, amanda dikenal sebagai cewek yang baik dan pintar, bahkan banyak adik2 kelasnya yang ngenal amanda sebagai kakak kelas yang nggak sombong.

Nah..kalo dibandingin pengalaman Lila dan amanda tadi, sebenarnya dua orang yang sama2 beken kan? tapi yang satu beken karena semua keburukannya dan yang satu beken karena sikapnya yang baik dan prestasinya. dan sekarang kalo disuruh milih, pasti kita bakal milih pengen kayak amanda, kan?dia berhasil jadi orang beken dengan image positif. dan image ini akan diingat orang-orang dalam jangka waktu yang lama. bahkan mungkin saat reuni sekolah beberapa tahun kemudian, teman2 bakal ingat sebagai teman yang baik dan menyenangkan.

POPULAR TANPA VOODOO

Pengen jadi beken?nggak perlu komat-kamit baca mantra biar orang2 suka sama kita. tapi bisa lewat beberapa cara diantaranya:

1. Think + Acty Positive

tanamkan energi positif dalam diri kita dan hindari energi negatif. kalo ada yang lagi ngejelek2in teman depan kamu, nggak perlu ikut2an sebel juga.

2. Jadi Teddy bear

nggak ada ruginya bersikap manis dan baik sama semua orang. hormati guru (meskipun dia killer banget) dan sayang sama semua teman. nggak pilih2 apa dia junior atau senior.

3. Boleh 'Pamer'

tunjukkin dong kemampuan positif yang ada di diri kita. misalnya ikut kegiatan baksos di sekolah atau kampus, jadi relawan atau aktif di berbagai kegiatan luar sekolah atau kampus.

4. jadi Top 10

bukan cuma lagu keren yang masuk jajaran Top 10, tapi orang keren juga bisa masuk jajalan 10 teratas dong. mulai dari prestasi sampai urusan gaul, kita ada di urutan atas. selain bangga sama diri sendiri, ortu juga dijamin bangga sama kita.

KENAPA TAKUT BERUBAH?

Kalo sekarang kita merasa punya image yang kurang bagus, jangan takut untuk berubah. tapi menurut Dr Dennis O'Grady, seorang psikolog dan penulis buku Taking The Fear Out Of Changing, ada lima hal besar yang biasanya muncul di pikiran kita saat kita mau berubah:

1. takut dengan hal yang belum jelas

perubahan emang seringkali menakutkan. kita takut terhadap hal2 di depan kita yang belum kita ketahui. padahal selama perubahan yang kita lakukan itu positif, kita nggak perlu takut.

2. takut gagal

pikiran bahwa apa yang kita lakukan ini nggak akan berhasil, pasti ada. tapi tenang aja, kegagalan jadi awal keberhasilan kan?

3. takut ditolak

masihg takut kalo banyak teman tetap nolak jadi teman kita?nggak usah panik ya, lama2 mereka juga pasti sadar kok kalo kita udah berubah jadi lebih baik. dan pasti mereka mau temenan sama kita.

4. takut nggak fokus

ini masalah yang lumayan berat. mulai belajar fokus dalam mengerjakan segala hal. kalau kota fokus pasti bisa kok!

5. takut sukses

pasti kita pengen dong kalo semua yang kita lakukan itu bisa sukses. tapi kadang2 kita masih takut dan ragu kalau kesuksesan itu itu masih dihubungkan dengan image buruk kita di masa lalu. jangan terlalu dipikirkan. yang penting kita tahu kalo kita udah jujur dan tutus melakukan semuanya.

Jadi nggak perlu takut lagi buat jadi orang ngetop yang lebih baik lagi!!!!

1 komentar:

Elf_13 mengatakan...

seep"...,,,

Posting Komentar

Tinggalkan komentar untuk perbaikan atau kritik dan saran serta pertanyaan...thanks....:)